Senin, 01 November 2010

Masih musuhan? Waaa, udah nggak jaman!

Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan buat baikan.
Udahlah, ajak “musuh” kita berjabat tangan dan beri dia senyum yang tulus. Dunia ini pasti jadi lebih indaaaaahh!!

1.   Kirim bingkisan.
Salah satu trik ngajak baikan adalah pake “pancingan”. Sekalian itung-itung berbagi rezeki, kenapa nggak kirimin musuh kita sebuah bingkisan. Nggak perlu parsel makanan supertinggi dan mahal, nggak perlu juga parsel yang berisi barang-barang keren. Sekotak buah kurma yang ditempelin kartu berisi tulisan mohon maaf lahir-batin udah cukup kok.

2.   Titip salam lewat sobat.
Selain kita dan musuh, pastinya ada temen lain yang tau kalo kita dan dia punya masalah. Kayak si Agam gitu, temen-temen lesnya yang lain juga tau kalo mereka musuhan. Nah, kalo temen-temen les Agam itu berinisiatif buat mendamaikan mereka, mungkin temen-temen kita juga begitu. Tapi kalo ternyata nggak, kita aja yang berinisiatif duluan memanfaatkan jasa temen-temen lainnya. Minta tolong mereka buat nyampein salam permohonan maaf kita pada sang musuh. Gimana?


3.   SMS bermakna.
Trik ini beda-beda tipis dengan trik kedua. Sama-sama kirim pesan, cuma bedanya yang ini kirim pesan sendiri. Brur, teknologi udah canggih gitu lho! Ketika mulut sulit untuk berkata-kata, biasanya tangan lebih gampang buat menyampaikan niat baik. 

4.   Missed call.
Cara minta maaf yang paling bagus memang ketemu langsung dengan orangnya. Terus mengungkapkan permohonan maaf secara verbal tepat di depan orangnya. Atau kalo belum sanggup buat ketemuan, minimal ngomong by phone. Kalo masih gengsi? Coba missed call dia. Entar kalo dia bales telepon, langsung deh bilang, “Eh, sori ya, nomer lo tadi kepencet. By the way, udah mau lebaran nih. Gimana kalo kita damai?”.

5.   Pura-pura mampir.
Intinya sih bertamu ke rumahnya. Yah, kalo masih malu-malu, pura-pura mampir karena mobil bermasalah boleh. Atau berlagak abis main ke rumah salah satu temen yang rumahnya kebetulan deket sama rumah musuh kita. Kalo udah nyampe situ, mulai deh dengan obrolan basa-basi. Baru kemudian ke pokok pembicaraan: ngajak baikan! Cara ini taraf keberhasilannya nyaris 90 persen lho. Soalnya kalo disamperin ke rumahnya, musuh kita bakal tengsin dong sama orang rumahnya buat ngajak kita ribut lagi. ‘Tul nggak?

Basa-basi sebelum maaf-maafan
•   Tanyakan kabarnya : “Eh, udah lama nggak ketemu. Lo sehat?”, dll.
•   Tanyakan kabar orang (or binatang) kesayangannya: “Anjing lo udah gede? Udah pinter diajak main apa aja sekarang?”, dll.
•   Puji dirinya: “Wuih, gue denger makin banyak aja nih cewek yang nempel sama lo! Boleh bagi-bagi tipsnya dong? Hehehe....”, dll.
•   Tanyakan hobinya: “Man, lo masih sering main basket di lapangan samping masjid?”, dll.
Dan setelah basa-basi, langsung sampaikan ajakan buat baikan. Bilang:
•   “Sori ya soal waktu itu....”
•   “Gue ngerasa nggak enak dengan hubungan kita yang garing selama ini.”
•   “Berat buat gue ngomong, tapi gue harus ngakuin kalo lo sebenernya temen yang asik banget.”
•   “Jack, enaknya sekarang gimana nih? Kalo damai lo setuju nggak?”
dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Kritik dan Sarannya ya...