Minggu, 12 Juli 2009

Menormalkan Volume Mp3

Pernahkah telinga tiba-tiba terasa sakit karena volume yang tinggi, saat mendengarkan kumpulan file-file lagu favorit anda?

Kumpulan file lagu yang dimiliki seseorang dapat diperoleh dari tempat berbeda. Biasanya masing-masing dari flagu tersebut memiliki volume tersendiri. Nah, apa jadinya bila file-file lagu tersebut digabungkan dalam satu daftar playlist. Tentunya tidak nyaman bile kita mendengarkan alunan lagu yang volumenya berbeda-beda dan harus menyeseuaikan volume agar tidak sakit telinga secara mendadak.

Anda dapat melakukannya dengan mudah melalui proses yang dikenal dengan normalisasi dimana kumpulan lag8u tersebut akan disamakan volumenya sehingga selaras. Aplikasi yang dapat digunakan untuk proses normalisasi, salh satunya adalah MP3Gain. Anda dapat dengan mudah memperolehnya dengan men-download di http://www.google.co.id/search?q=mp3gain&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a hanya dengan ukuran file 652 KB.

Pertama : Download, dan ikuti tahapan instalasi hingga selesai.

Kedua : Jalanakan, dan tentukan file atau folder lagu yang ingin dilakukan normalisasi terlebih dahulu. Untuk menyeleksi beberapa file pada folder, klik tombol add files, sedangkan untuk seleksi folder keseluruhan, klik add folder.

Ketiga : Anda dapat memilih proses normalisasi berdasarkan track ataupun album. Secara default, untuk normalisasi volume tercantum 89 db, namun Anda dapat mengubahnya sendiri sesuai keinginan. Anda harus mendahuluakn proses analisis sebelum gain. Untuk memulai, klik tombol Track Analysis atau Album analysis. Kemudian lanjutkan dengan mengklik tombol track gain atau album gain.

Terakhir : Jika Anda berubah pikiran dengan proses normalisasi yang telah dilakukan dan ingin mengembalikan kondisi file seperti semula, dapat dilakukan dengan mengklik menul File, Undo gain changes.

Kalau sudah, selamat mencoba dech…

Maju Terus Pantang Mundur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Kritik dan Sarannya ya...