Kamis, 14 Oktober 2010

Angklung Bergaya

Ekskul Tradisional Unjuk Gigi

Main angklung di pentas kebudayaan, wajar. Gimana kalo main angklung di pusat perbelanjaan?



Mau dengerin lagu I Will Survive -nya Cake atau lagu Sakura -nya Fariz RM versi Angklung? Guys , silakan pesen sama teman-teman kita dari Bandung ini. Mereka adalah siswa SMA 2, SMA 3, SMA 5, SMA 8, dan SMA Pasundan.

Kalo kita biasanya cuma kenal Angklung dari buku-buku pelajaran atau buku-buku seni tradisional, temen-teman kita dari Bandung ini udah gape mainin langsung.


Ya, siswa dari lima sekolah inilah yang sejak tiga tahun terakhir ini doyan mengembangkan ekskul tradisional. Salah satunya Angklung. Bahkan beberapa di antaranya udah ada yang beneran masuk jadi pelajaran di sekolah, kayak di SMA 8 Bandung contohnya.

Perkembangan ektrakurikuler angklung di Bandung sekarang ini cukup mencengangkan loh. Rata-rata disetiap sekolah anggota ekskul ini menembus angka lebih dari 30 orang bahkan ada yang mencapai 50an orang seperti yang ada di SMAN 2 Bandung.

Kalo ditanya kenapa tertarik ber-Angklung ria, teman-teman kita ini satu suara menjawab pengen melestarikan seni budaya bangsa sendiri. Bahkan ada yang ngaku udah terobsesi sama Angklung sejak SMP gara-gara ngeliat kerennya bergaya main Angklung
.
Semangat teman-teman kita pecinta Angklung ini makin menjadi pas kemarin alat seni tradisional Indonesia ini pernah diklaim Malaysia. Makanya, demi kembali memperkenalkan Angklung inilah mereka mulai bergerak.
Salah satu caranya adalah dengan mulai ngisi atau ikutan acara-acara kesenian yang digelar di Bandung. Gara-gara rajin tampil di acara ini lah nama pecinta Angklung dari SMA se-Bandung ini mulai keliatan.
Bukan cuma di acara kesenian, demi memperkenalkan Angklung ke masyarakat, mereka rutin pamer kebolehan memainkan Angklung di tempat nongkrong macam Ciwalk atau Paris Van Java.

Mantap.
  
Penulis : Erick Tobing 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Kritik dan Sarannya ya...